Gemilangtrimeidhasari's Blog

i say whatever

Etika Profesi Akuntan Publik Dalam Menerima Parsel 11 Oktober 2009

Filed under: Ekonomi — gemilangtrimeidhasari @ 12:05 PM

Menurut pendapat saya , seorang akuntan publik menerima parsel sah-sah saja selama pemberian tersebut masih secara wajar, dalam batas kepatutan, dan dapat dipertanggungjawabkan. Hingga kini, selain kalangan pegawai negeri belum ada undang-undang yang mengatur tentang pemberian kepada pelanggan/ klien. Dari sisi etika , standar etika yang umum dipakai, masih diizinkan melakukan pemberian kepada klien, sepanjang pemberian itu tidak mempengaruhi klien untuk memutuskan memakai kembali atau tidak jasa akuntan publik itu. Hanya untuk menjaga hubungan baik dengan kliennya.

Maka dari itu semua biaya untuk aneka pemberian itu harus dicatat dan dibukukan menurut standar akuntansi yang berlaku dan dilaporkan dalam laporan keuangan. Karena itu, semua pemberian hendaknya wajar dan dalam batas kepatutan. Biaya pemberian ini bahkan menjadi unsur pengurang pajak karena bisa masuk ke pos marketing, sepanjang perusahaan dapat mempertanggungjawabkan ke kantor pajak. Kantor pajak tentu akan mempertanyakan bila pemberian parsel untuk seorang pelanggan / klien nilainya gila-gilaan. Terkadang, batas antara suap atau pemberian yang kurang patut dan entertainment itu menjadi kabur.

Maka dari itu saya harap ada undang-undang yang berlaku dan dengan ketat mencantumkan dalam kode etiknya masing-masing profesi tentang bagaimana tata hubungan dengan pelanggan/klien.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s