Gemilangtrimeidhasari's Blog

i say whatever

Penerimaan Pajak Turun Pada Tahun 2009 12 Oktober 2009

Filed under: Ekonomi — gemilangtrimeidhasari @ 1:55 AM

Disampaikan Dirjen Perbendaharaan Negara Departemen Keuangan, Herry Poernomo bahwa penerimaan pajak hingga 30 September 2009 mencapai Rp. 432,53 triliun, atau 66,34 persen dari target yang ditetapkan APBN Perubahan 2009. Penerimaan tersebut turun Rp. 48,23 triliun dibandingkan penerimaan tahun 2008 yang mencapai Rp. 480,783 triliun.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, Ditjen Pajak menjadi andalan bagi negara-negara yang terkena krisis keuangan global untuk menggenjot penerimaan negaranya. Karena itu Ditjen Pajak diminta tidak membiarkan wajib pajak melakukan penghindaran pajak. Ruang bagi wajib pajak untuk menghindari pembayaran pajak harus ditutup.

“Aparat pajak dituntut untuk menjaga diri, memiliki profesionalisme, dan integritas. Hal itu bukan hal yang mudah , apalagi dalam situasi perbaikan ekonomi saat ini. Kerja keras Ditjen Pajak diperlukan,” kata Sri Mulyani.

Pada pertemuan G-20 di Pittsburgh, Amerika Serikat September 2009, muncul kecenderungan negara-negara maju yang mengalami dampak krisis perekonomian global mengarahkan aparat pajaknya untuk mendapatkan penerimaan negara sebanyak-banyaknya. Bukan dengan menaikkan tarif pajak Negara, tetapi dengan mengoptimalkan pembayaran wajib pajak.
(Sumber : Kompas 10 Okt 2009)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s