Gemilangtrimeidhasari's Blog

i say whatever

Maraknya Penggusuran Rumah Purnawirawan 31 Januari 2010

Filed under: Berita — gemilangtrimeidhasari @ 6:41 PM

Penggusuran Komplek Kostrad Tanah Kusir, Jakarta Selatan pada pertengahan tahun lalu, banyak warga yang menolak penggusuran komplek tersebut, mereka tidak rela rumah yang sudah ditempati berpuluh-puluh tahun digusur. Banyak warga yang protes sehingga mereka mengambil langkah hukum, gugatan yang diajukan warga pada 3 Juli lalu. Mereka meminta aparat tak melakukan penggusuran sebelum ada keputusan pengadilan yang. Sidang perdana kasus itu dijadwalkan pada 11 Agustus. Sebelumnya, 30 rumah sudah dieksekusi.

Setelah kasus komplek tersebut, muncul lagi penggusuran di Komplek Perumahan Berlan, Jl. Otto Iskandardinata, Matraman, Jakarta Pusat. Kemudian warga Perumahan Eks Batalyon Angkutan Kuda Beban Jalan Cililitan Besar, Kramat Jati, Jakarta Timur juga bersiaga untuk menghadapi penggusuran. Tetapi Wakil Ketua Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat akan menghentikan penggusuran rumah purnawirawan TNI, khususnya penggusuran di Perumahan Eks Batalyon Angkutan Kuda Beban Jalan Cililitan Besar, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Saya juga anak Purnawirawan ABRI yang bertempat tinggal di Komplek Zeni AD Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Tidak menutup kemungkinan tempat saya tinggal juga akan mengalami penggusuran. Semoga saja tidak. Purnawirawan ABRI seperti bapak saya berjuang sekali untuk negara ini sampai rela meninggalkan anak istrinya berjuang ke luar kota bahkan ke luar negeri dalam waktu yang relatif lama. Sampai-sampai saya dan kakak-kakak saya tidak mengenal dekat sosok bapak pada saat kecil. Tetapi setelah tua sangat tidak diperhatikan kesejahteraannya, bahkan menempati rumah yang sederhana sekali saja terancam untuk digusur. Dimana hati nurani pejabat-pejabat itu.

Seharusnya penggusuran tersebut jangan dilakukan, karena walau bagaimanapun para purnawirawan ABRI mempunyai hak, mereka memiliki jasa yang sangat besar untuk bangsa Indonesia. Mereka yang berkorban merebut, membela, dan mempertahankan Indonesia sehingga Negara Indonesia bisa berdiri tegak sampai saat ini. Purnawirawan ABRI pantas untuk mendapatkan tempat tinggal seperti ini, jika dibilang tempat tinggal yang mereka tempati menjadi layak untuk dihuni ya karena mereka sadar untuk merenovasinya, jika tidak direnovasi mungkin sudah ambruk sepertinya. Dan banyak dari keluarga Purnawirawan yang hidupnya susah.

Mestinya Pemerintahan yang berdiri sekarang ini lebih memperdulikan dan memperhatikan rakyat kecil, jangan hanya membuat kebijakan yang sangat menguntungkan anggota DPR/MPR. Gaji mereka akan dinaikkan, mendapatkan kendaraan dinas, renovasi rumah dinas mencapai 1 M rupiah. Sangat mubazir sekali tampaknya, rumah yang sudah bagus dan elit di renovasi lagi mencapai angka yang sangat sangat fantastis seperti itu. Kalau begini yang terjadi yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin.

Saya harap tuntutan warga yang rumahnya ingin digusur dan yang sedang diperjuangkan oleh Wakil Ketua Komisi Pertahanan DPR didengar Bapak Presiden dan pejabat-pejabat Dephan dan TNI. Harus mempunyai hati nurani untuk melakukan hal seperti ini, tidak bisa main paksa dan anarkis. Kalau saja rumah yang digusur itu dibangun kembali untuk tempat tinggal para anggota TNI yang masih aktif, mungkin warga-warga perumahan Purnawirawan ABRI masih bisa mentoleransi dengan syarat Purnawirawan ABRI diberi imbalan yang sewajarnya. Tetapi kalau rumah yang digusur itu tanahnya dijual ke pihak swasta/ investor lalu di bangun mall, perkantoran, apartemen, dsb. gimana dong !!!!. Maka dari itu harap dipikirkan kembali jangan semena-mena dengan rakyat kecil dan jangan hanya menguntungkan segelintir pihak saja.

 

9 Responses to “Maraknya Penggusuran Rumah Purnawirawan”

  1. Oenardy Sugianli Says:

    Menurut penjelasan dan keterangan dari Kantor Badan Pertanahan Nasional jika seseorang menempati suatu rumah dan tidak menyewa dan tidak membayar apa apa maka rumah itu menjadi miliknya . Hal ini dikemukakan dalam surat jawaban didepan sidang disalah satu Pengadilan Negeri.Kalau bapak memerlukan data data hubungi saya , Trims

  2. Oenardy Sugianli Says:

    Menurut penjelasan dan keterangan dari BIRO HUKUM Kantor Badan Pertanahan Nasional R.I. dan pasti tidak sembarangan. Jika seseorang menempati suatu rumah dan tidak menyewa dan tidak membayar apa apa maka rumah itu menjadi miliknya . Hal ini dikemukakan dalam surat jawaban didepan sidang disalah satu Pengadilan Negeri.Kalau bapak memerlukan data data hubungi saya , Trims

  3. Oenardy Sugianli Says:

    Keterangan dari Biro Hukum Kantor Badan Pertanahan Nasional R.I. salah satu Kabupaten di Jawa Tengah.

  4. toto suharyanto Says:

    rumah dinas tni itu yang benar adalah yang anngota aktif kontrak/nyicil kpr..di atas gunung jauhhdari satrian..pergi kekantor yang benar pukul 04.30 karena jauuh ..pulang 18.30 ampe rumah itu juga kerana jauhhh…dapat brevet dah.

  5. johanes Says:

    yang namanya prajurit ditempatkan dimana aja harus siap…itulah resikonya jadi prajurit…diluar kota kek, diluar negri kek..kalau ga mau di tugaskan kemana mana mending ga usah jadi prajurit. khususnya bagi waga Zeni AD mampang prapatan harusnya bersyukur sudah dapat tempat pengganti yang sangat layak.

  6. dlm waktu dekat TAMAN HAYAM WURUK (Komp.KODAM V BRAWIJAYA) juga akan mengalami PENGGUSURAN..!? yg ironisnya BUKTI dan FAKTA yg ada telah disampaikan dipersidangan PENGAJUAN SERTIFIKASI ATAS TANAH YG TELAH DITEMPATI +/- 25 TAHUN. apakah hasil persidangan PTUN dapat melakukan EKSEKUSI..???? atau tidak adakah cara lain sebagai bentuk APRESIASI atas perjuangan BELIAU2. Dg sisa umur BELIAU para mantan pejuang, purnawirawan juga janda dan yatim piatu yg telah ikut merasakan susah pahitnya PERJUANGAN membela bangsa dan negara. ADILKAH..??? ketika undang-undang juga peraturan pemerintah telah mengatur akan hal itu tentang tata cara pembelian rumah negara serta siapa yg berhak menempati ataupun membeli rumah2 negara tersebut. SUDAH MERDEKA NEGARA KITA..?? ketika para prajurit harus melawan rakyat sipil yg notabene BELIAULAH MANTAN PEJUANG yg telah ikut membesarkan NEGARA dan IKUT melatih para pemimpin2 bangsa ini.

  7. BANGSA MERDEKA ADALAH BANGSA (aparatur negara) yg BERANI melakukan PERUBAHAN BIJAKSANA, TEGAS dlm KEPUTUSAN, UNDANG2 dan PERATURAN HUKUM sbg PEDOMAN dan MEMILIKI nllai2 RASA BERJUANG.
    mengapa ada istilah…BANGSA yg BESAR.. BANGSA yg MENGHARGAI para PAHLAWAN..???
    1. MEREKA PENDIRI BANGSA
    2. MEREKA PEJUANG KEMERDEKAAN..MENYERAHKAN HARTA, JIWA JUGA NYAWA..untuk MERDEKA tanpa PAMRIH..!!!!
    3. satu TEKAD, satu NIAT….melawan PENJAHAT2 PERANG yg telah MERAMPAS HAK-HAK sbg BANGSA…
    4. (memang tdk semua)..akan tetapi, PAHLAWAN itu seorang VISIONER pemikiran jauh kedepan.. bukan seperti PAHLAWAN2 kesiangan spt kebanyakan SEKARANG.!
    5. Karena JASA2 beliaulah..KITA bisa hidup dinegara ini..banyak TOKOH TERLAHIR spt PRESIDEN RI SUSILO BAMBANG YUDHOYONO..terlahir TATANAN kehidupan BERBANGSA dan BERNEGARA yg akan selalu lebih baik.
    semoga di HARI MERDEKA ini..tidak ada lagi SEGALA BENTUK PENGGUSURAN dg BERDALIH kekuasaan…
    Setiap kali dlm perjumpaan rapat bersama KABINET para MENTERI.. Bapak PRESIDEN RI SUSILO BAMBANG YUDHOYONO selalu mengatakan.. KOMUNIKASIKAN SECARA BAIK setiap PERMASALAHAN yg berdamp[ak sosial di MASYARAKAT. selamat berjuang!!! kita isi KEMERDEKAAN ini dg MEMBANGUN JATI DIRI.. sbg ANAK BANGSA yg MERDEKA..tiada tangis duka tak berdaya sbg bangsa yg MERDEKA..jiwa PAHLAWAN kita TANAMKAN utk PEMBANGUNAN..
    DIRGAHAYU INDONESIAKU yg TAKKAN LEKANG OLEH ZAMAN DAN WAKTU
    hiduplah negeriku, bangsaku, bangkitlah rayatku semua utk meraih MERDEKA…!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s